Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

Tips Menghindari Radiasi Gadget

Tips Menghindari Radiasi Gadget




Teknologi sekarang makin canggih, salah satunya gadget. Biasanya kalian yg memiliki smartphone tidak pernah lepas dari smartphonenya, ketika bangun pagi, waktu santai di kantor/kampus/sekolah, bahkan sebelum tidur. Disamping banyak sekali keuntungan dan fungsinya, ada efek negatif bagi kehidupan loh. Nah salah satu efek negatifnya yaitu radiasi.


Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.

Tidur Dengan Gadget

Sudah kebiasaan banyak orang tidur dengan gadgetnya, mungkin karena sebelum tidur mengecek email, sms, bbm, telfon atau timeline (mungkin habis stalking).
TIPS : Sebelum kalian tiduran, biasakan mengecek dulu gadget kalian dan aktifkan "sleep mode" atau di Silent setelah itu simpan di meja dan langsung tiduran. Jangan simpan di bawah bantal atau dekat dengan kalian.

Menelpon Dengan Durasi Lama

Ni bagi yang suka menelpon dengan durasi sampai berjam-jam ternyata menelpon dengan durasi lama berbahaya bagi kesehatan, mungkin kepentingan bisnis sehingga harus menelpon lebih lama atau kepentingan lain seperti curhat, pdkt atau pacaran.
TIPS : Boleh menelpon lama asal gunakan earpod, earphone, dan sejenisnya bisa mengurangi resiko terkena radiasi

Menelpon Saat Gadget Sedang Di Isi Daya Baterai / Di Charger

Sama bahayanya dengan menelpon lama, namun ini lebih BAHAYA. Mungkin kalian sering baca di artikel atau di kaskus tentang smartphone meledak dan korban kehilangan tangan bahkan nyawa. Nah itu kebanyakan ya seperti ini.
TIPS : Apabila memang sangat penting, gunakan earpod, earphone, dan sejenisnya seperti tips di atas dan alangkah baiknya charge smartphone kalian dalam keadaan airplane mode dan semua aplikasi di close. Atau jangan dipakai dululah selagi gadget kalian sedang di charger.

Saat Signal Sangat Lemah

Pernahkah ketika kalian buka timeline twitter, fb, g+ ataupun lainnya dan smartphone kalian seketika terasa panas? atau ketika sedang menelpon terputus? pada saat itu juga radiasi dari gadget kalian terpancar.
TIPS : Ketika daerah tersebut mempunyai signal yg kurang baik, gunakan gadget kalian untuk sms dan sepentingnya atau gunakan wifi router dengan provider yg memiliki signal bagus di daerah tersebut.


Akibat dari radiasi Gadget menurut para Dokter :

"Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan akan membuat gadget menjadi panas dan menimbulkan panas pada sel kepala. Kebiasaan menaruh handphone ataupun gadget yang lain di dekat kepala saat tidur, bisa berakibat buruk terhadap kesehatan anak tersebut, seperti bisa mengakibatkan gangguan tidur mual, dan sakit kepala. Gangguan tidur itu terjadi karena medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala sehingga bisa memicu kerusakan sistem saraf." - Dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp. A

"Radiasi gadget dengan intensitas penggunaan ponsel di sekitar area kepala dalam waktu lama, dapat memicu kemunculan zat karsinogenik penyebab kanker otak. Hal ini karena medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi ponsel diserap kepala dan kemudian diserap sel otak hingga mengenai DNA dalam sel." - Dr. H. Hindra Irawan Satari, Sp.A


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE