Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Tanggal 30 Agustus

Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Tanggal 30 Agustus




Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 30 Agustus mendatang.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Selasa 30 Agustus 2011,” ujar Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dalam keterangan yang diterima INILAH.COM, Minggu (28/8/2011).

Haedar Nashir, mengatakan ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 30 Agustus, berdasarkan hisab hakuki wujudul hilal yang telah dilakukan oleh Majelis Tarjih Muhammadiyah. Dimana ijtimak menjelang Syawal 1432 H terjadi pada hari Senin (29/8/2011) pukul 10:05:16 WIB.

Tinggi hilal pada saat Matahari terbenam di Yogyakarta menandakan hilal sudah wujud dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam hilal sudah berada di atas ufuk,” jelasnya.

Ketua PP Muhammadiyah berharap semua pihak untuk saling menghormati dan bertolerasi dengan kemungkinan adanya pelaksanaan Idul Fitri pada tahun ini. Haedar juga berharap perbedaan ini tidak merusak ukhuwah umat Islam dan bisa diterima dengan lapang hati tanpa saling menghalangi dan saling menyalahkan.

Perbedaan tidak berarti rusaknya ukhuwah, lebih-lebih jika disertai dengan sikap saling menghormati dan toleransi. Ukhuwah dapat dikembangkan untuk membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih tercerahkan sebagaimana pesan luhur puasa dan Idul Fitri,” jelasnya.

Menurutnya ukhuwah sesama umat Islam tidak dapat dipaksakan dalam satu pandangan tertentu karena pada kenyataannya umat Islam selama ini tersebar ke dalam berbagai paham dan golongan tanpa saling menegasikan.

Muhammadiyah menilai ukhuwah baik sesama umat Islam maupun komponen bangsa selama ini telah terjalin dengan cukup baik. Kepada para tokoh umat dan pejabat publik dihimbau kearifannya untuk bersama-sama mengembangkan suasana positif dan memberikan uswah hasanah (contoh) yang sebaik-baiknya,” jelasnya lebih lanjut.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE