Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

5 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memotret

5 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memotret




Buat kamu yang sering hunting foto pasti pernah mengalami pulang dari acara memotret dan baru menyadari bahwa tadi di sepanjang pemotretan kita menggunakan ISO 1200, padahal acaranya dilaksanakan saat siang bolong di mana ISO 200 saja sudah cukup.


Atau kita baru menyadari menggunakan settingan white balance untuk cuaca mendung, padahal dari awal acaranya dilakukan dengan penerangan lampu neon. Kesalahan mendasar seperti ini membuat kita harus bersusah payah melakukan koreksi pada foto, kalau satu dua sih tidak masalah, kalau ratusan foto?

Mungkin dengan bantuan software kita bisa melakukan koreksi dengan relatif cepat, tapi bukankah lebih enak kalau kesalahan seperti ini bisa dihindari sejak awal. Secara mendasar, ada 5 setting di kamera digital yang harus selalu diperiksa sebelum jari memencet tombol shutter pertama kali dalam sebuah sesi pemotretan.

1. Periksa Settingan White Balance
Gunakan settingan white balance yang sesuai dengan kondisi, atau kalau percaya dengan kamera, setwhite balance di posisi Auto.

2. Hidupkan Highlight Warning Kamera
Ini ampuh untuk menghindari foto yang over exposure. Highlight warning yang muncul di layar LCD kamera saat ada bagian foto yang terbakar alias over exposed. Selain menggunakan highlight warning, kita juga bisa memeriksa histogram di LCD kamera digital.

3. Periksa Setting ISO
Settingan ISO menentukan seberapa peka sensor kamera terhadap cahaya, makin tinggi angkanya semakin peka. Kalau tadi malam kita memotret pesta ulang tahun teman di restoran, pastinya ISO yang digunakan akan berbeda dengan setting ISO saat akan digunakan untuk memotret acara gerak jalan dijalan raya.

4. Periksa Setting Ukuran dan Format Foto
Memotret ribuan foto sekaligus, seperti misalnya saat sedang hunting di kebun binatang, tentunya membutuhkan pengaturan ukuran foto yang berbeda dibandingkan memotret keluarga di studio misalnya, apalagi jika kartu memori yang dimiliki kapasitasnya berbeda. Format foto, apakah harus memilih JPG atau RAW juga wajib dipertimbangkan sebelum sesi foto dimulai.

5. Periksa Setting Mode Exposure Kamera
Dalam kamera SLR atau pocket, biasanya tersedia beberapa pilihan untuk mode eksposur yang bisa kita pilih: Manual – Aperture Priority – Shutter Priority – Mode Program dan beberapa preset bawaan kamera digital. Pastikan sudah mengetahui mode mana yang akan kita pilih.

Lakukan 5 persiapan diatas, maka acara hunting kita akan semakin mudah. Semoga bermanfaat :)


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE