Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

Cara Membatasi Pemakaian Internet Pada Android

Cara Membatasi Pemakaian Internet Pada Android




Bagi pengguna Smartphone, paket data Unlimited adalah "wajib" hukumnya, karena sebuah Smartphone tidak dapat bekerja secara maximal tanpa koneksi data atau internet. Namun jika pengguna tidak memiliki paket data Unlimited, tentunya harus waspada jika saat sedang asyik berselancar di dunia maya tiba-tiba paket data yang anda miliki telah mencapai batas yang tentunya akan memotong pulsa pengguna tersebut.


Lalu bagaimana cara membatasi lalu lintas data pada Smartphone agar pulsa tidak tersedot? Bagi anda pengguna Smartphone Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas, hal ini dapat diatasi dengan membatasi pemakaian internet pada batas yang anda inginkan. Sebuah menu pengaturan pada Android ICS memungkinkan pengguna untuk mengontrol jumlah atau besarnya lalu lintas data sehingga pengguna dapat mencegah pengeluaran yang berlebihan karena berkurangnya pulsa. Nah di posting tips dan trik kali ini saya akan membagikan caranya ke pemirsa sekalian. Yuk kita langsung saja ke TKP :D

1. Masuk ke Setting -> Data Usage (penggunaan data) menu akan tampil seperti ini :

Data Usage
Tulisan berwarna orange tertulis 4.0 GB warning. Itu adalah batas dimana pengguna akan diperingatkan jika penggunaan data telah mencapai 4.0 GB (atau sesuai dengan pengaturan pengguna)

2. Jika anda ingin mengatur tanggal pemakaian data tiap bulannya (jika memakai paket internet bulanan) anda dapat memilih data usage cycle untuk memilih tanggal saat anda memulai menggunakan paket internet

Data Usage Cycle
Pilih change cycle untuk memilih tanggal, lalu akan muncul menu seperti ini :

Atur Tanggal
Pilih tanggal pada tiap bulannya, lalu klik set.

3. Jika anda ingin membatasi penggunaan internet anda, pada menu awal Data Usage sentuhlah Set Mobile Data Limit. Akan muncul menu pop up seperti ini :

Limiting Data Usage
4. Pilih dan tentukan batas data yang anda inginkan

Data Limit
Pada tulisan berwarna merah (yang ditunjuk oleh panah) adalah batas dimana penggunaan data akan dihentikan. Pada tulisan berwarna orange adalah dimana anda akan diingatkan sebelum penggunaan mencapai limit atau batas.

5. Jika anda tidak memiliki paket bulanan, anda dapat mengatur hari dimana anda akan menggunakan internet pada device anda. Limit data juga dapat diperkecil seperti ini :

Penggunaan Harian
Pada panah yang menunjuk ke kiri adalah untuk mengatur tanggal dimana anda akan memakai internet, untuk panah ke bawah adalah batas penggunaan data yang anda tentukan.

Cukup mudah bukan. Saya lebih menyarankan anda untuk berlangganan paket unlimited tiap bulannya, karena dengan menggunakan paket data tersebut, anda dapat menikmati berbagai fitur pada gadegt Android anda secara maksimal seperti pemberitahuan e-mail, download aplikasi, akses dan pemberitahuan untuk social media dan chatting, atau bahkan memanfaatkannya sebagai modem.

Semoga bermanfaat :)


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE