Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

Besarnya Makna Kata MAAF

Besarnya Makna Kata MAAF




Apasih makna dari sebuah kata maaf ..??
Apa hanya sebuah ucapan yang mudah meluncur dari mulut setiap kita melakukan kesalahan,,? atau sebuah penyesalan yang mendalam atas kesalahan yang harus kita tunaikan dengan tulus dan ikhlas..?


Banyak orang yang menganggap maaf2an itu sebagai suatu formalitas , jadi sekalipun orang yang belum dikenalpun meminta maaf tanpa alasan yang jelas.Mengenai Minta maaf sendiri, terkadang kita sulit memaafkan seseorang terutama yang kesalahannya amat besar. Namun menurut seorang ahli, dendam itu hanya akan memperburuk keadaan fisik kita, karena ternyata kemarahan dan dendam itu turut dikonsumsi oleh tubuh. Jadi ketika kita dendam apalagi dalam jangka waktu lama, secara otomatis ini akan memperburuk kondisi kesehatan kita. Maaf berarti sebuah kata penyesalan yang diucapkan karena sebuah perbuatan yang barangkali dirasakan menyakiti seseorang.

Maaf mungkin saja tak bisa merubah keadaan tapi setidaknya dengan berani mengatakan maaf bagi seseorang yang sudah melakukan kesalahan itu adalah tanda sebuah penyesalan. Kata maaf tidak boleh diucapkan sembarangan…Menurutku kata maaf tuh sakral soalnya maaf itu merupakan sebuah penyesalan yang benar2 tulus dan ikhlas ketika mengucapkannya.

Jadi tidak seharusnya kita bilang ” maaf ” apabila kata maaf itu tidak muncul dari hati yang terdalam untuk sebuah penyesalan yang mendalam…. Sekarang banyak sekali orang yang mengucapkan kata maaf hanya untuk mencari perhatian atau sensasi aza….Kesalahan sama yang berulang membuat kata maaf tidak ada gunanya dan hanya sebagai pembelaan diri.

Dari hasil penelitian para psikolog di negeri maju menemukan bahwa mereka yang mampu memaafkan ternyata lebih sehat baik jasmani/raga maupun rohani/jiwa mereka.gejala-gejala pada raga dan kejiwaan seperti susah tidur, sakit perut, dan sakit punggung akibat stress/tekanan jiwa, sangat berkurang pada para pemaaf.di samping itu memaafkan juga mampu merendam emosi negatif, mematangkan mental, menjernihkan pikiran, menyiram perasaan dendam, serta meluaskan hati dan perasaan.dengan memaafkan kita sedikit mengurangi penderitaan kita.

3 alasan kenapa malu minta maaf:

1.MALU
Semua orang sangat takut mendapat malu atau dipermalukan. Ini dapat mempengaruhi sisi psikologis seseorang karena memang tidak ada orang yang siap untuk “dipermalukan” atau menerima suatu keadaan yang dikatakan “menanggung malu”.

2.EGO
Sikap egoisme pribadi sering menjadi penentu pertama, karena orang yang
telah berbuat salah, sudah tidak bisa menutupi perasaan bersalahnya lagi.Sedangkan untuk mengakuinya, seseorang tersebut akan merasakehilangan nama atau wibawa apabila mengakui kesalahannya.

3.KERAS KEPALA
Ini dilandasi oleh pemikiran bahwa ada prinsip-prinsip yang tidak dapat
dihindari dan di pegang teguh oleh orang tersebut. Sikap keukeuh itusangat terkait-erat dengan keinginan seseorang agar prinsip atau pilihan sikap yang di pegangnya tersebut juga diperhatikan ataudidengarkan orang lain, meskipun pada banyak kejadian, prinsip yang dianut tersebut adalah sebuah prinsip yang salah.

Etika Ketika Minta Maaf

Minta dengan tulus
Kadang-kadang yang dibutuhkan adalah sedikit meminta. Kebanyakan orang akan menawarkan pengampunan mereka sendiri, namun ada pula orang yang harus diminta untuk mengampuni. Artinya, proses ini mungkin memakan waktu lama jika dia termasuk orang yang menginginkan dimintai permohonan maaf.

Tunjukkan kebaikan
Sedikit kebaikan akan berdampak hebat. Menjadi baik untuk seseorang yang marah pada Anda biasanya akan membuat mereka sadar bahwa Anda benar-benar orang baik. Akhirnya, mereka akan bertanya-tanya mengapa bisa begitu murka pada Anda.

Kadang-kadang, sikap baik akan cukup untuk melunakkan hati dan menghilangkan semua kemarahan. Banyak persahabatan dan hubungan serius dihiasi dengan kebaikan.

Belajar caranya memaafkan
Menuntut pengampunan hanya mendorong seseorang semakin menjauh. Tergantung pada apa yang terjadi, mungkin butuh waktu bagi Anda untuk mendapatkan pengampunan.

Menulis sebuah surat
Kata-kata sering kali bisa lebih jelas ketika dituliskan. Menulis surat memungkinkan Anda untuk membaca pikiran Anda sebelum orang lain mendapatkan gagasan serupa. Anda bisa membolak-balikkan kata untuk membuat maknanya menjadi lebih jelas. kalau ga surat ya bisa sms.

Tetap tenang
Membuat seseorang marah, maka tidak akan bagi Anda untuk menutupi masalah yang terjadi. Jika Anda tetap tenang, maka Anda juga akan membantunya menjadi kurang gelisah dan lebih logis. Setelah semua orang memanas-manasi suasana, tetap tenang membuat Anda mudah untuk membahas masalah lebih rasional.

Bersedia untuk mengakui kesalahan
Jika Anda tidak mau mengakui kesalahan, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain untuk mengampuni Anda? Dengan mengakui kekurangan, Anda menetapkan contoh yang baik bagi orang lain. Menjadi rendah hati dan mendinginkan hati adalah hal terbaik yang bisa Anda perbuat.

Komunikasi terbuka
Diskusi dan komunikasi terbuka dapat memberi keajaiban untuk memecahkan masalah. Bicaralah dengan orang yang ingin Anda mintai maafnya dan lihat apakah Anda berdua dapat mengetahui dengan detail kekeliruan yang terjadi. Memang, tidak mudah bisa meluruskan kesalahpahaman dalam waktu singkat.

Ni ada Ceritanya juga :
dengan memaafkan yang tidak hanya suatu ucapan maaf namun juga yang disertai penghapusan bekas-bekas luka dalam hati dan kelapangan dada kita untuk memberi kesempatan kedua pada orang tersebut memperbaiki kesalahannya tanpa mengungkit masalahnya yang lalu,dapat membuat kita menjadi pribadi yang sehat dan pribadi yang menyenangkan…selain itu beban dalam hidup kita akan sedikit berkurang sehingga kia dapat menjalani kehidupan yang singkat ini dengan baik dan penuh berkah…mengatakan maaf itu sangat mudah tetapi menghilangkan rasa luka dan memberi kesempatan kedua itu yang sangat berat, namun bila kita mampu melakukannya insyaallah jaminan istana di syurga utuk kita seperti dalam sabda Rasullulah Saw yang mengambarkan betapa Allah Swt sangat memuliakan orang yang sudi memaafkan kesalahan orang lain atas dirinya:

“dua orang umatku pada hari kiamat kelak akan datang seraya berlutut di bawah’Arasy.lalu berkatalah orang pertama ,’Ya Tuhan, balaslah atas kedzaliman yang telah dilakukan saudaraku ini ! karena sungguh, ia telah berbuat aniaya kepadaku’.
Kemudian Allah-pun berkata kepada orang yang kedua,’Bayarlah atas engkau kedzaliman yang pernah engkau lakukan kepada saudaramu itu !’.

Orang yang kedua itu pun menjawab. ‘Ya Tuhanku,sungguh seluruh amal kebaikanku telah habis’ mendengar jawaban itu, Allah pun berkata kepada orang pertama,’Bukankah engkau telah mendengar sendiri bahwa kebaikan saudaramu itu telah habis?’

‘kalau begitu, ambillah oleh-Mu wahai tuhanku, kejelekan-kejelakanku dan tumpahkanlah kepadanya!’,sahut orang pertama tadi.
Kemudian Allah Swt bertanya kepada orang pertama,’Apa engkau ingin memiliki hal yang lebih baik dari itu?’

‘Apakah itu wahai Tuhanku,’jawab orang pertama.

‘angkatlah kepalamu dan lihatlah di atas sana!’.

Maka, orang pertama tadi mengangkat kepalanya dan memandang kea rah syurga.setelah itu, dilihatlah olehnya di surga itu terdapat sebuah istana yang terbuat dari emas permata yang belum pernah ia lihat padanannya.
‘sultan manakah yang memiliki istana itu, Tuhanku?’tanya orang pertama tadi.

’Milik seorang nabikah?atau seseorang yang telah gugur di jalan-Mu?’

Allah lalu berfirman, ‘istana itu milik orang yang sanggup membayar harga dari istana tersebut.’

‘wahai Tuhanku, siapakah dia?’

“engkaupun bisa memilikinya?’

‘bagaimana caranya, wahai Tuhanku?’

‘dengan kata maafmu kepada saudaramu itu,’kata Allah.

Maka, berkatalah orang yang hendak menuntut balasan atas saudaranya itu,’wahai Tuhanku, hamba telah memaafkannya.hamba mengampuni kesalahannya’.
Kemudian Allah pun berfirman,’Peganglah tangan saudaramu itu dan masuklah kalian berdua ke surga.’
kalau kita berbuat salah kenapa harus malu minta maaf gan? maaf itu gk buat kita rugi. dengan maaf yang tulus dan ikhlas akan membuka jalan kebaikan bagi kita.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE