Share a Cheat | Humor | Berita | Software | Tips Trik | Tutorial | Games | etc

Cara Mengedit File Type .dll [ Dinamic Link Library ]

Cara Mengedit File Type .dll [ Dinamic Link Library ]




File yang berekstensikan .dll adalah file yang berukuran kecil, namun didalamnya dapat menampung berartus-ratus file-file. dengan kata lain, file .dll ini berisikan banyak file yang sudah di compress dan dijadikan satu dalam bentuk file.dll

pertanyaan yang muncul adalah : untuk apa file.dll ini?
file.dll ini digunakan oleh program untuk menyimpan bagian-bagian file program untuk diakses agar mudah dan tidak menghabiskan banyak resources.

pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara meng-edit file.dll tersebut.
untuk sistem operasi windows, file.dll dapat di lihat dan di edit isinya dengan menggunakan program tambahan.

dengan kata lain, jika tidak menginstall program tersebut, kita tidak bisa melihat apalagi meng-edit isi-isi file tersebut. karena sistem operasi windows sendiri tidak menyediakan aplikasi bawaan untuk meng-edit file.dll ini.

langsung saja ya.
aplikasi yang digunakan disini adalah "PE-explorer" atau bisa juga menggunakan aplikasi "resources tuner" kedua aplikasi tersebut bisa di download disini dengan mencari di kotak search yang telah disediakan. kedua aplikasi  tersebut tidak gratis, jadi, disarankan download yang langsung ada crack nya ya.. :) besar file setupnya tidak lebih dari 10MB.

langkah-langkahnya sbb :

  • instal program PE-explorer atau resources tuner. (biasanya tidak bagus jika diinstal keduanya. jadi pilih salah satu saja, kalau bisa, ya sudah.)

  • backup file.dll yang asli (yang ingin dirubah) dengan cara copy-paste, jika di-protect oleh sistem, maksudnya file dll tersebut tidak bisa di copy, bisa menggunakan yang ini. tools tersebut akan menambahkan "add take ownership" pada conteks menu klik  kanan anda. file berekstensi .7z, bisa diekstrak menggunakan winzip atau 7zip. setelah itu, klik 2 kali file "add take ownership.REG" maka anda akan memiliki kuasa penuh untuk file-file system di windows setelah itu.
  • setelah di backup, klik 2 kali file.dll yang ingin dirubah.
  
disini saya mencoba merubah file.dll dari norton internet security. dimana diberi nama cssbase.dll

  • maka akan muncul jendela dari aplikasi PE-explorer. seperti ini :

 

  • itu adalah informasi umum dari file.dll . untuk melihat da mengedit isi-isinya, bisa klik "resource viewer/editor" yang ditunjukkan oleh tanda panah. maka akan muncul jendela baru yang berisikan file-file yang bersangkutan dengan file cssbase.dll itu.

itu adalah tampilan list tree dimana file-file terkelompokan didalam folder-folder tersebut.
baiklah, kita langsung mulai pengeditan.
pada tree folder html, terdapat banyak file gambar.png dimana itu adalah file-file kecil yang nantinya akan diakses dan disusun sehingga menjadi tampilan user interface dari program norton.

saya ingin mengganti background user interface norton internet security yang awalnya, ber-background seperti ini :



jadi saya harus mencari bagian file gambar.PNG yang mana yang cocok yang bisa dirubah agar sesuai keinginan.


 

  • bisa dilihat pada gambar diatas, bahwa saya telah menemukan file background norton IS dengan nama BACKGROUND_3.PNG. dimana gambarnya ditunjukan disebelah kanan (panah warna merah)
  • setelah itu ketemu, untuk mengedit, kita harus meng-copy / save as file tersebut (file BACKGROUND_3.PNG) ke luar dari file cssbase.dll ( misalnya ke desktop ) dengan cara klik kanan file tersebut, pilih "save resource as" (tanda panah kuning )
  • setelah file BACKGROUND_3.PNG di save as ke desktop, selanjutnya bisa di edit menggunakan aplikasi image processing, seperti photoshop,corel, dll. dan setelah selesai di edit, simpan dengan nama yang sama.( overwrite)
  • selanjutnya kita ke bagian memasukkan file yang telah diedit tadi ke dalam file cssbase.dll. dengan membuka kembali file.dll seperti cara diatas.
  • cari file BACKGROUND_3.PNG pada list tree folder html. selanjutnya klik kanan dan pilih "edit resource". maka jendela baru akan muncul.

  • klik gambar folder (tanda panah biru) setelah itu ok.
  • save, exit.
biasanya, jika file.dll yang ingin anda edit itu sedang digunakan oleh sistem (proses sedang bejalan) anda tidak dapat meng copy kan file editan anda dan mem-paste ke file.dll yang asli. jika tejadi seperti itu, anda bisa meng-copy nya lewat safe mode. dalam kasus peng-editan file cssbase.dll milik norton IS ini, saya harus masuk lewat safe mode untuk meng-copy pastekan nya dengan file cssbase.dll yang asli.
ingat, sebelum anda meng-overwrite file .dll yang asli di backup dulu.

jika berhasil, seteah di edit, hasilnya seperti ini.


Sumber : http://blog.cyber4rt.com/index.php?post=cara-mengedit-file-type-dll-dinamic-link-library&category=hacking


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika masih bingung atau apa dengan artikel ini, bisa langsung comment di bawah ini :)

FREE SPACE
FREE SPACE